Breaking News
cara agar hutang cepat lunas

8 Cara Agar Hutang Cepat Lunas

Banyak orang yang merasa hutang yang ditanggungnya tak kunjung lunas. Bahkan ada yang merasa semakin lama, hutangnya justru semakin menumpuk. Nah berikut ini ada 8 tips atau cara agar hutang cepat lunas.

Namun sebelum membaca tips agar hutang cepat lunas, ada baiknya kita pelajari dulu apa sih yang menyebabkan hutang kita tidak lunas-lunas.

Bisa jadi karena salah manajemen, salah strategi dalam mengelola aset dan permodalan usaha. Atau juga karena dampak pandemi sehingga membuat perputaran kas jadi lambat.

Baiklah, berikut ini 8 tips agar hutang cepat lunas.

  • Susun Rencana Pelunasan Hutang

Tips cara agar hutang cepat lunas, yang pertama adalah niat. Tentu saja, apapun asal diniati dengan baik, akan berjalan dengan baik. Banyak orang yang sulit melunasi hutang karena tidak ada niat. Istilahnya, tarsok, tarsok, alias bentar besok dan bentar besok.

Buatlah rencana pelunasan hutang. Bagaimana membuatnya?

Cari mana yang paling prioritas. Dahulukan yang paling mendesak. Rencanakan berapa dan kapan akan dibayar. Sisihkan uang yang ada.

Jika tidak memungkinkan untuk melunasi, setidaknya bayar dulu sebagian. Misal punya hutang ke teman Rp10 juta dan belum bisa melunasi, sisihkan uang Anda sebagian untuk memulai membayarnya.

Jangan menunggu sampai uang Anda mencapai pembulatan. Berapapun yang Anda dapat, kumpulkan. Jangan merencanakan membayar Rp2 juta tapi ketika baru dapat uang Rp750ribu Anda tunda dan pakai lagi uang itu. Sisihkan terlebih dahulu. Simpan di tempat yang aman dan tidak “mudah dijangkau”.

  • Penghematan

Anda sudah harus berhemat. Di bidang apa saja. Berhemat makan, berhemat transportasi, berhemat kebutuhan sekunder lainnya.

Mungkin terlihat sepele. Yang biasanya makan sekali makan Rp.30ribu, kali ini menurun jadi hanya Rp15ribu sekali makan. Sepertinya hanya Rp15ribu yang Anda hemat. Tapi jika itu dilakukan lebih sering, maka aka nada penghematan.

Yang biasanya makan di luar, jajan, cobalah berhemat dengan memasak sendiri. Bagi yang berumah tangga tentu sudah hafal betul bagaimana perbedaan hal ini. Makan di luar sekali makan Rp50ribu, tapi dengan memasak sendiri, uang segitu bisa dipakai makan  tiga kali dalam satu keluarga.

Tak perlu takut kekurangan gizi meski sedang berhemat. Makanan bergizi tidak harus mahal. Banyak makanan sehat bergizi tapi justru harganya murah.

Penghematan juga bisa dilakukan di bagian transportasi. Kurangi bepergian. Yang biasanya kemana-mana naik mobil, berhematlah dengan memakai sepeda motor.

Bagi yang punya usaha kecil-kecilan, penghematan juga bisa dilakukan untuk pembelian bahan baku. Efisiensi diperlukan untuk operasional lainnya.

  • Cari Tambahan Penghasilan

Bagi Anda yang masih punya waktu untuk menambah penghasilan, cobalah untuk melakukannya. Sebetulnya, peluang usaha itu masih sangat terbuka luas. Hanya saja terkadang orang suka membatasi dirinya sehingga seolah-olah hidup ini sudah sangat sulit.

Padahal, jika mau lebih terbuka dengan peluang yang ada, hasilnya juga cukup baik. Simak saja begitu banyak orang yang berjualan online dari barang milik orang lain kemudian sukses hingga bisa punya stok dan toko sendiri.

Carilah peluang usaha di media sosial, banyak sekali orang menawarkan kerjasama. Bersikaplah terbuka, jangan membatasi diri. Jangan mudah mengatakan “ini sudah, itu susah, ini bakal sepi dan tidak laku…dsb”

Lihat potensi Anda. Waktu, tenaga, pikiran sedikit modal, alat, properti apapun yang Anda miliki bisa dijadikan perantara Anda memulai usaha sampingan.

  • Relakan Menjual Aset untuk Lunasi Hutang

Cara agar hutang cepat lunas berikutnya adalah merelakan aset dijual untuk bayar hutang.

Ada kalanya kita mesti merelakan untuk menjual aset yang kita miliki untuk melunasi hutang. Jika itu diperlukan, lakukan. Sebagian orang berpikir lebih baik harta sedikit tapi tenang tanpa hutang, ketimbang banyak harta tapi gelisah.

Dalam masa pandemi seperti ini berbagai kemungkinan bisa terjadi. Apalagi belum jelas kapan pandemi akan berakhir.

Merelakan aset dijual bisa jadi solusi agar hutang cepat lunas.

  • Tunda Perjalanan Keluar Kota

Jika tidak mendesak, sebaiknya menunda untuk melakukan perjalanan keluar kota. Perjalanan keluar kota kerap kali memakan biaya yang tidak sedikit. Biaya makan di jalan, biaya bahan bakar, bayar tol, penginapan, oleh-oleh, semua itu jumlahnya tidak sedikit.

Bukan maksud untuk mengurangi silaturahmi, tetapi ada kalanya kita butuh penghematan agar hutang cepat lunas. Anda tetap bisa menjalin silaturahmi dengan kerabat dan keluarga jauh melalui teknologi.

  • Sewakan Aset

Jika Anda punya kendaraan yang sering menganggur, tidak ada salahnya Anda menyewakannya agar bisa menambah penghasilan.

Mobil atau motor bisa jadi aset yang dapat disewakan ke orang lain untuk menambah income sebagai salah satu cara agar hutang cepat lunas.

Beberapa orang telah melakukan hal ini. Anda bisa mulai menyewakannya dengan memasang iklan di media sosial.

  • Jangan Menghindari si Pemberi Hutang

Ada kalanya kita menghindari orang yang memberi pinjaman ke kita karena merasa tidak enak. Belum lagi, terkadang si pemberi pinjaman itu menghubungi kita.

Sebaiknya tidak menghindari. Tetap jawab pesannya di telepon, tetap jawab panggilannya. Bicarakan baik-baik dan sampaikan apa rencana Anda. Jangan menghindar.

Menghindar dari orang yang memberi pinjaman hanya akan membuat kita gelisah dan tertekan.

Banyak orang yang mengurung diri dari media sosial gara-gara terlilit hutang. Ia tak mau aktifitasnya dilihat oleh orang lain yang memberinya pinjaman. Hal ini tentu saja justru menambah beban bagi si pemilik hutang.

Sebaiknya, jangan menghindari. Tetaplah mudah untuk dihubungi, lakukan pembayaran semampunya dan bicarakan baik-baik.

Dengan cara ini, Anda akan tetap bebas untuk beraktifitas sehingga pikiran fresh dan tidak terbebani.

  • Jual Barang yang Tak Perlu

Cobalah salah satu cara agar hutang cepat lunas, yang satu ini. Bongkar gudang Anda. Siapa tahu ada barang atau sesuatu yang dapat dijadikan uang. Sepeda lawas, mesin AC bekas, kulkas tidak terpakai atau mungkin koleksi tas Anda terlalu banyak.

Anda bisa menjualnya. Selain dapat menjadi sumber pendapatan, juga bisa mengurangi kapasitas ruangan di rumah Anda.

Mungkin awalnya Anda akan merasa sayang dengan barang-barang tersebut, tapi jika Anda sudah melakukannya, toh juga langit tidak akan runtuh.

Nah, itulah 8 tips agar hutang cepat lunas. Mungkin Anda punya tips lain, silahkan tambahkan di komentar. Semoga artikel ini bermanfaat.

About Aqeel Hamizan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *