Breaking News

Cara Pasang Iklan “Cari Kerja” di OLX Biar Cepat Kerja

KOTA.CO.ID –  Anda sedang cari kerja? Mencari pekerjaan di media online seperti OLX cukup membantu untuk segera dapat kerja. Sayangnya, banyak pencari kerja di OLX asal-asalan dalam mengiklankan dirinya. Inilah cara pasang iklan cari kerja di OLX, biar cepat kerja.

Ada kalanya sebuah perusahaan mencari tenaga kerja bukan dengan cara memasang iklan lowongan, tetapi dengan menelusuri para pencari kerja di OLX di folder khusus “Cari Pekerjaan”.

Namun banyak sekali para pencari kerja yang tidak pandai dalam mempromosikan dirinya, sehingga sulit mendapat kerja. Perusahaan yang ingin merekrut juga enggan menghubungi.

Contoh iklan Cari Kerja yang paling banyak diabaikan oleh pemilik usaha adalah iklan yang deskripsinya kurang lengkap, bahkan cenderung asal.

Misal, ada iklan Cari Pekerjaan yang hanya menampilkan foto diri yang difoto jauh, sehingga penampilan si pencari kerja tidak jelas. Penjelasan juga hanya singkat, missal “cari kerja apa saja yang bisa menginap.” Ada juga iklan cari pekerjaan yang hanya berisi deskripsi singkat “cari kerja serabutan”

Itulah contoh iklan cari kerja yang cenderung bakal diabaikan oleh pemilik usaha yang sedang membuka lowongan.

Padahal dengan menampilkan deskripsi lebih lengkap, si pemberi kerja akan tahu seperti apa pencari kerja yang tersedia. Sehingga punya pertimbangan untuk menghubungi si pencari kerja.

Lalu bagaimana cara memasang iklan cari kerja di OLX?

  • Tampilkan Foto Diri

Dengan menampilkan foto diri yang jelas, maka si pemberi kerja akan melihat seperti apa penampilan calon karyawannya. Ada kalanya sebuah pekerjaan memerlukan penampilan menarik karyawannya. Seperti took, konter HP, admin atau pekerjaan tertentu membutuhkan penampilan menarik karyawannya.

Jika memungkinkan memasang foto lebih dari satu, cobalah memasang. Mungkin ada satu foto cloe up, foto full body dengan gaya bebas atau tambahan foto lain yang menarik.

  • Berikan Deskripsi Tentang Diri Anda

Deskripsi tentang diri Anda bisa dengan cara menjelaskan sedikit tentang diri Anda, seperti minat, bakat, tempat tinggal, siap kost atau tidak, siap menginap atau tidak, memiliki kendaraan dan SIM atau tidak, siap kerja apa saja?

  • Berikan Minat, Bakat dan Keterampilan

Misal Anda mampu mengoperasikan komputer, menyukai fotografi, aktif di media sosial, punya kamera digital, bisa desain grafis, bisa menyetir mobil, mampu mengoperasikan mesin tertentu, sampaikan dalam deskripsi.

  • Tulis Daftar Pengalaman

Jika Anda punya pengalaman kerja, tulis dengan lengkap. Termasuk pekerjaan yang hanya sebentar Anda jalani. Jika perlu tulis juga alasan kenapa berhenti.

Dengan mencantumkan pengalaman kerja, perusahaan pemberi kerja akan punya pertimbangan apakah Anda relevan dengan tenaga kerja yang sedang dicarinya.

  • Tulis Kesiapan Anda

Ada kalanya sebuah pekerjaan mengharuskan hal-hal tertentu. Misal harus menginap, tidur di dalam, pulang malam, ganti shift, keluar kota atau pekerjaan khusus lainnya.

Tulis secara singkat kesiapan Anda. Misal “Siap luar kota, siap kerja shift, siap lembur dll”

  • Jangan Upload Dokumen Penting

Anda cukup mencantumkan dalam deskripsi Anda. Punya SIM A, Ijazah Sarjana, KTP, Surat Pengalaman Kerja. Tapi tidak harus sampai mengunggah dokumen tersebut. Anda perlu melindungi data pribadi Anda agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Jika harus mengunggah, gunakan watermark (tanda air) atau sensor bagian tertentu seperti NIK, alamat KTP dll.

  • Cantumkan Nomor yang Mudah Dihubungi

Mencantumkan nomor HP yang mudah dihubungi sangat penting. Sebaiknya yang sudah siap dengan WhatsApp karena lebih banyak orang menggunakan WhatsApp ketimbang SMS. Pastikan Anda tidak mengabaikan ketika ada panggilan atau pesan masuk setelah memasang iklan cari pekerjaan.

Nah, itulah cara pasang iklan cari kerja di OLX, biar cepat dapat kerja.

About Aqeel Hamizan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *